Tren Desain Template Presentasi Online di Tahun 2024

Tren Desain Template Presentasi Online di Tahun 2024

Setiap tahunnya, cara kita melakukan presentasi terus berkembang. Mulai dari membuat presentasi yang terpaku pada teks, hingga saat ini yang lebih memilih presentasi visual. Jika dahulu kita membuat presentasi secara offline, saat ini kita mungkin lebih memilih membuat presentasi online yang dapat dibuka, diubah, dan digunakan kapanpun.

Ada beberapa gaya presentasi yang mungkin sudah dikenal seperti Pecha Kucha, Takahashidan LessigDengan menggunakan ide-ide "visual hierarchy", "white space", "60-30-10 rule", dan istilah baru lainnya untuk desain presentasi.

Untuk mempermudah pekerjaan, kenali templat presentasi online yang sesuai dengan tren saat ini dan memungkinkan untuk menyampaikan kisah Anda secara efektif.

Paruh pertama 2024 sudah berlalu, berikut ini adalah tren utama presentasi online yang mungkin bisa Anda gunakan kedepannya.

10 tren Desain untuk Template presentasi Online di Tahun 2024

1. Minimalis dengan dampak luar biasa

Desain template minimalis mungkin bisa menjadi opsi yang akan memudahkan pekerjaan dalam membuat template presentasi online. Jenis template ini tidak memerlukan banyak desain yang rumit dan menjaga background tetap rapih. 

Template ini menjaga desain tetap sederhana, sehingga audiens bisa fokus pada konten yang disampaikan. Inilah pilihan utama Anda, jika mencari template presentasi online yang sederhana tetapi tetap terlihat elegan.

2. Background yang gelap dengan elemen kontras

Jenis desain ini mungkin mengingatkan Anda dengan mode gelap yang ada di ponsel, laptop, atau PC. Mode gelap disukai banyak orang karena mengurangi ketegangan mata dan membuat pengguna lebih mudah membaca teks.

Selain itu, mode gelap pada presentasi online juga dapat digunakan untuk memfokuskan minat audiens secara instan pada konten yang berwarna kontras. Namun, jangan lupa untuk berhati-hati dalam pemilihan warna yang kontras, agar slide dapat dibaca dan menyenangkan secara visual.

3. Layout asimetris

Saat ini, tata letak asimetris sedang menjadi tren yang digunakan untuk membuat presentasi. 

Jenis desain ini bisa digunakan untuk presentasi yang tidak terlalu formal, karena elemen desain dapat diposisikan secara tidak beraturan untuk mencapai visual yang diinginkan.

Template presetasi online ini dirancang untuk menarik perhatian audiens dengan sengaja, sehingga cocok untuk presentasi acara, portofolio, atau presentasi yang melibatkan seni dan mode.

4. Buat yang mudah dipahami

Presentasi online yang mudah dipahami oleh semua orang menjadi faktor penting untuk dipertimbangakan.

Jenis presentasi ini memiliki templat yang mendukung teks alternatif untuk visual, menggunakan font yang mudah dibaca dan mudah dipahami, serta tidak hanya mengandalkan warna untuk menyampaikan konten.

5. Tambah ilustrasi dan gambar

Penggunaan ilustrasi dan gambar semakin populer akhir-akhir ini. Di era visual stok, ilustrasi 3D dan 2D terasa seperti menghirup udara segar di tengah sesaknya moodpresentasi yang cenderung begitu-begitu saja. 

Penggunaan ilustrasi membantu menjaga konsistensi visual di seluruh presentasi untuk membantu membentuk narasi. Jika Anda mencari template presentasi online yang membantu untuk menceritakan kisah Anda, inilah pilihan tepat.

Baca juga:

Apa Itu Customer Retention dan Bagaimana Software CRM Membantunya

Apa Itu Content Plan dan Apa Pentingnya?

6. Font yang besar dan tebal

Menurut Anda, seberapa penting jenis huruf dalam sebuah presentasi online? Presentasi tanpa teks tentu tidak mudah untuk dipahami oleh semua orang. 

Font yang besar dan tebal sedang menjadi tren saat ini karena membuat presentasi menjadi lebih ekspresif, teks menjadi mudah dibaca, berdampak secara visual, dan selaras dengan estetika desain modern. 

Opsi ini menjadi pilihan baik, jika Anda mencari template presentasi online untuk dipresentasikan dalam diskusi panel, rapat, kuliah, atau seminar.

7. Elemen interaktif dan menarik

Salah satu tujuan dari presentasi adalah untuk memastikan pesan yang dimaksud tersampaikan kepada audiens. Template presentasi online yang menyertakan elemen interaktif tentunya memiliki tujuan yang sama.

Cobalah menaruh video, kuis, CTA, yang efektif menggunakan kode QR, dan data real time yang mencerminkan reaksi dan masukan audiens.

8. Nuansa pastel dan warna-warna cerah

Ternyata menggunakan warna pastel cenderung membawa efek menenangkan dan positif. Warna pastel lebih lembut di mata dan dapat membantu mempertahankan fokus audiens yang lebih lama.

Template presentasi online yang menggunakan warna biru muda, hijau mint, atau merah muda ternyata bisa menyoroti informasi penting secara halus tanpa membebani audiens Anda.

Template ini cocok Anda gunakan ketika mempresentasikan produk baru atau berbicara tentang kesehatan dan kebugaran.

9. Ceritakan kisah Anda dengan visualisasi data

Data akan menambah kredibilitas presentasi Anda. Ada berbagai cara untuk menyajikan data, seperti menggunakan bagan, grafik, dan infografis. 

Menerapkan visualisasi data interaktif pada presentasi online akan membantu data Anda menceritakan kisahnya secara efektif audiens. Template presentasi dengan bagan dinasmis dan grafik animasi tidak hanya informatif tetapi juga menarik secara visual.

Templat ini cocok Anda gunakan jika ingin menyajikan kumpulan data yang menunjukkan perubahan dari waktu ke watu atau memiliki elemen dinamis lain yang ingin Anda tampilkan.

10. Optimalkan presentasi online dengan AI

Saat ini AI mulai memainkan perannya di sektor presentasi online. Hal ini memungkinkan adanya revolusi untuk cara pembuatan presentasi. 

AI akan membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan menulis, mendesain tata letak, membuat kuis interaktif, dan mencari sumber visual berkualitas atau menghasilkan gambar baru.

Tentunya ini akan sangat membantu presenter dan audiens karena mampu menghemat waktu dan membuat presentasi menjadi lebih menarik, efisien, dan berdampak pada komunikasi yang lebih baik kepada audiens.

Apa Saja Tren Menarik yang Akan Muncul di Tahun 2025?

Tahun 2025 nanti, tren desain presentasi online diperkirakan akan mencerminkan kemajuan teknologi, pergeseran preferensi audiens, dan filosofi desain yang berkembang. 

Namun, tidak menutup kemungkinan dari 10 tren desain yang menjadi tren di tahun ini tetap berlaku untuk tahun depan. 

Berikut ini adalah tiga tren presentasi online yang sedang berkembang dan mungkin bisa Anda coba dalam desain presentasi yang Anda buat.

1. Augmented reality dan virtual reality

Akhir-akhir ini, teknologi imersif telah mendapatkan popularitas yang menjanjikan. Teknologi ini menawarkan pengalaman digital yang interaktif dan tanpa batas. 

Dengan menggabungkan AR dan VR tentunya akan membantu Anda menciptakan pengalaman presentasi online yang imersif. Teknologi ini tidak hanya akan menarik dan melibatkan audiens, tetapi audiens juga akan dibantu untuk memahami informasi.

Hal ini akan menjadi tambahannilai ketika melakukan demo produk dan pelatihan karena memberikan aspek visual yang menarik dari awal hingga akhir.

2. Kontrol suara dan gerakan

Selain menambahkan elemen-elemen yang membuat presentasi online semakin menarik, Anda juga bisa menambahkan efek suara dan gerakan untuk menavigasi antar slidemenyorot informasi penting, atau memutar video dengan mudah.

Cara ini bisa menjadi inovasi untuk membantu menyampaikan presentasi yang menarik dan interaktif. Kontrol suara dan gerakan dapat memberikan pengalaman presentasi yang lancar dan sangat interaktif.

3. "Amati" presentasi Anda

Di zaman yang melek teknologi seperti sekarang, Anda bisa dengan mudah untuk memanfaatkan berbagai teknologi untuk mempermudah presentasi.

Contohnya Anda bisa memanfaatkan smartwatch untuk membantu jalannya presentasi. Anda bisa menggunakan smartwatch untuk beralih antar slidemengontrol media audio visual, dan bahkan menggunakan penunjuk laser bawaan.

Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, Anda bisa memberikan kontrol yang lebih besar, kenyamanan, dan interaktivitas, sehingga meningkatkan pengalaman presentasi online secara keseluruhan.

Kesimpulan

Seiring perkembangan teknologi, tren dapat berubah dengan cepat. Tetap melek teknologi membantu Anda mengintegrasikan alat dan ide baru ke dalam presentasi online secara efektif. 

Jangan lupa untuk selalu mempersiapkan dan memeriksa ulang untuk memastikan semua perangkat yang mendukung presentasi berfungsi dengan baik.

Buat presentasi menarik dan kolaboratif dengan Zoho Show.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait