Apa Itu Content Plan dan Apa Pentingnya?

Apa Itu Content Plan dan Apa Pentingnya?

Sebagai content creatortentunya kita harus bisa menciptakan konten yang segar dan menarik. Bagaimana cara menjaga konsistensi konten yang dihasilkan? Jawabannya adalah dengan membuat content plan

Bayangkan jika Anda tidak memiliki perencanaan terhadap konten-konten yang akan diproduksi dan dipublikasikan. Rasanya seperti tidak menentu karena tidak memiliki rencana solid untuk diikuti.

Dalam blog ini, kami akan membahas semua tentang content plan termasuk alasan mengapa kita membutuhkan content plan.

Apa itu content plan?

Sebelum mempelajari lebih lanjut, mari kita perjelas bahwa content plan hanyalah sebagian dari kepingan sebuah puzzle dan kepingan lainnya dilengkapi oleh content strategy

Content strategy adalah gambaran besar yang memberikan arahan pada content creatorStrategi dalam pembuatan konten dapat mengidentifikasi poin-poin penting seperti target audiens dan alasan pembuatan konten.

Content plan adalah perencanaan terperinci yang dibuat untuk mencapai tujuan pembuatan konten. Perencanaan ini memetakan semua hal penting seperti topik yang akan dibahas, judul menarik, dan keyword yang relevan.

Dengan membuat content plankita juga bisa membahas format untuk postingan blog, reels, dan caption yang harus diikuti sesuai tenggat waktu. 

Content plan juga bisa mengidentifikasi siapa yang bertanggung jawab untuk setiap bagian dan platform terbaik untuk menjangkau audiens Anda. 

Mari kita ilustrasikan dengan contoh, misalnya Anda adalah pemilik brand kopi. Strategi konten yang dibuat adalah mengunggah lima reels per minggu di Instagram. 

Reels tersebut harus bersifat trendi dan eksentrik dengan target audiens di usia 20 hingga 45 tahun.

Kemudian, content plan yang Anda buat yaitu mengunggah reels pada pukul 17.00 di hari pertama dan ketiga dalam seminggu. Tema untuk setiap unggahan bisa disebutkan dan dimulai dengan alasan pelanggan harus membeli kopi ini.

Mulai terbayang apa itu content plan? Selanjutnya mari kita bahas alasan mengapa kita membutuhkan content plan. 

Baca juga:

Cara Buat Formulir Online untuk Feedback Pelanggan yang Baik

PT Mitraprima Lestari Bangun CRM Kustom dengan Zoho Creator

5 alasan mengapa Anda membutuhkan content plan 

Content plan menjadi kebutuhan wajib bagi content creator untuk membuat perencanaan yang matang seputar konten yang akan dibuat.

Berikut ini adalah lima alasan mengapa Anda membutuhkan content plan:

1. Menyelaraskan konten dengan tujuan bisnis

Katakanlah kita ingin meningkatkan brand awareness dari produk atau jasa dari bisnis kita.Keinginan ini tidak akan terwujud jika kita tidak memiliki content plan

Inilah pentingnya untuk membuat content planyang akan membantu menyelaraskan konten dengan tujuan bisnisnya. Sekarang, ia dapat berkonsentrasi pada marketing influencer, posting media sosial, dan menjalankan iklan.

2. Menjaga konsistensi pembuatan konten

Salah satu keuntungan dari content plan adalah konsistensi dari konten yang dibuat akan terjaga. Salah satu kunci suksesnya konten kita  adalah konsistens. Apabila kita konsisten dalam membuat konten, tentunya konten akan menjangkau lebih banyak audiens yang ujung-ujungnya brand kita menjadi salah satu top of mind di benak masyarakat.

Bayangkan jika Anda melakukan peluncuran brand dan membuat konten tentang brand tersebut, kemudian Anda berhenti membuat konten. Pastinya audiens dengan mudah akan melupakan brand milik Anda.

 3. Libatkan audiens dengan konten yang dibuat

Sebagai content creator tentunya kita harus meneliti audiens, seperti kebutuhan dan preferensi mereka. Perlu dipahami juga bagaimana brand Anda dapat memecahakan masalah mereka.

Setelah memiliki pengetahuan ini, Anda bisa membuat konten yang cenderung memancing interaksi dari audiens.

4. Produksi konten menjadi lebih efisien

Produksi konten seharusnya tidak membutuhkan waktu lama. Kuncinya adalah memetakan konten, menggabungkan tugas-tugas serupa, dan menggunakan sumber daya yang ada.

Hal ini akan membuat Anda menghemat waktu dan konten yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas. Buat juga kalender konten untuk menjadwalkan unggahan dan menghindari pembuatan konten yang terburu-buru.

5. Dapatkan hasil yang nyata

Tujuan akhir dari pembuatan konten adalah mendapatkan hasil yang nyata. Untuk meningkatkannya, penting juga untuk mengukurnya. 

Dengan membuat content planAnda bisa menetapkan tujuan dan melacak seberapa banyak yang telah dicapai. Analisis metrik secara berkala membantu meningkatkan kualitas konten.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait