Maksimalkan Customer Engagement dengan Integrasi WhatsApp

Integrasi aplikasi Whatsapp bisnis

WhatsApp, dengan fitur Whatsapp for Business, telah menjadi senjata ampuh bagi bisnis untuk tetap terhubung dengan pelanggan mereka. Apalagi di Indonesia, pengguna Whatsapp telah mencapai 112 juta orang.

Semua urusan dilakukan di aplikasi perpesanan instan ini, dari obrolan ringan, pekerjaan, hingga urusan jual-beli. Tak heran jika bisnis pun dituntut harus hadir di aplikasi tersebut untuk mendekatkan diri dengan pelanggan mereka.

Zoho pun terus menyempurnakan fitur integrasi Whatsapp Business. Salah satunya dengan memperkenalkan Otomatisasi Percakapan dan Utilitas.

Fitur-fitur baru ini dirancang untuk menyederhanakan usaha marketing Anda dan meningkatkan interaksi pelanggan dengan mengotomatiskan pesan dan menyampaikan informasi penting dengan mudah.

Menggunakan aplikasi WhatsApp Business ke dalam strategi pemasaran kita telah menjadi hal wajib lantaran dapat meningkatkan customer engagement hingga 44,5%.

Dengan menggunakan fitur otomatisasi yang ada di Zoho Marketing Automation Anda dapat mengirim pesan yang dipersonalisasi pada saat yang tepat, menciptakan perjalanan pelanggan yang lebih bermakna dan efektif.

Blog terkait:

Cara Maksimalkan Software CRM untuk Tingkatkan Penjualan

Intip Apa Saja Kekurangan WhatsApp untuk Bisnis dan Bekerja

Tingkatkan Customer Engagement dengan Perjalanan Otomatis

Dengan fitur journey builder yang ada di Zoho Marketing Automation, kita dapat meningkatkan customer engagement lebih tinggi lagi. Journey builder memungkinkan Anda membuat alur kerja otomatis yang dipicu oleh suatu tindakan tertentu, memastikan interaksi yang tepat waktu dan relevan di seluruh perjalanan pelanggan.

Ini akan menghasilkan pengalaman yang mulus dan dipersonalisasi yang mengirimkan pesan yang tepat pada waktu yang tepat, membantu Anda mempertahankan komunikasi dan komunikasi yang berkelanjutan.

Membuat jawaban cepat untuk WhatsApp dengan mudah di integrasi ini.

Manfaat utama bagi tim marketing:

1. Customer engagement yang holistik

Gabungkan program pemasaran Anda dengan pembaruan layanan penting untuk memberikan pengalaman pelanggan yang komprehensif.

2. Kepuasan pelanggan lebih baik

Bangun kepercayaan dan loyalitas dengan memastikan pelanggan menerima informasi penting tepat saat mereka membutuhkannya.

3. Alur kerja yang disederhanakan

Otomatiskan tugas rutin, agar Anda dapat meluangkan waktu untuk aktivitas pemasaran yang lebih strategis.

Cara Kerja: Panduan Singkat

1. Pemicu

Buat pemicu pesan sesuai keinginan Anda.

Mirip dengan kampanye email, kampanye WhatsApp memungkinkan Anda menyiapkan pemicu berdasarkan tindakan pelanggan tertentu.

Saat kontak memenuhi kriteria tertentu, misalnya menjawab pesan atau mengeklik tautan, mereka secara otomatis ditambahkan ke perjalanan WhatsApp. Ini memastikan bahwa hanya pengguna yang secara aktif terlibat dengan konten Anda yang terdaftar, yang mengarah ke interaksi yang lebih relevan dan terarah.

2. Proses

Tampilan alur kerja yang Anda siapkan.

Setelah kontak ditambahkan ke journey, Anda dapat menentukan aktivitas khusus WhatsApp berdasarkan perilaku mereka.

Misalnya, jika pelanggan mengeklik tautan atau menanggapi dengan kata kunci tertentu, Anda dapat memicu pesan WhatsApp yang berbeda atau bahkan memindahkan mereka ke tahap prospek baru.

Kustomisasi ini memungkinkan Anda menciptakan hubungan yang sangat terarah dan dinamis yang sesuai dengan audiens Anda.

3. Tindakan

Setelah menentukan proses, Anda dapat mengirim pesan WhatsApp bisnis yang dipersonalisasi ke semua kontak yang memenuhi syarat dalam perjalanan yang telah Anda tentukan.

Pesan-pesan ini dapat disesuaikan dengan tindakan pelanggan, memastikan komunikasi yang lebih relevan.

Selain itu, dengan Zoho Marketing Automation juga memperkenalkan Utility Conversations yang dapat menyediakan pesan otomatis WhatsApp seperti konfirmasi pembelian dan pengingat pembayaran.

Utility Conversations: Sampaikan Informasi Penting Tanpa Hambatan

Selain pesan promosi, Zoho juga telah menambahkan fitur baru bernama Utility Conversations. Fitur ini memungkinkan Anda mengirim informasi penting terkait pembelian langsung melalui WhatsApp.

Mudahnya, ini merupakan fitur yang memungkinkan pengguna aplikasi WhatsApp bisnis untuk membuat balasan cepat WhatsApp for Business.

Peningkatan ini memastikan pelanggan menerima pembaruan tepat waktu tentang pesanan, pembayaran, dan informasi penting lainnya.

Manfaat Utility Conversation

1. Memberikan update tepat waktu

Mengirim konfirmasi pesanan dan informasi penting secara cepat, memastikan pelanggan tetap mendapat informasi di setiap langkah proses pembelian.

2. Memperlancar transaksi

Mengotomatiskan pengingat pembayaran dan pesan transaksi untuk menyederhanakan pengalaman pembelian dan mengurangi hambatan.

3. Mengumpulkan umpan balik dengan mudah

Gunakan WhatsApp bisnis untuk mengumpulkan umpan balik pelanggan melalui survei, membantu Anda terus meningkatkan layanan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Mengubah Strategi Pemasaran Anda dengan WhatsApp

Fitur-fitur baru dalam integrasi WhatsApp ini membantu tim marketing dalam memberikan pengalaman pelanggan yang lebih personal, lancar, dan efisien.

Baik Anda ingin mengirimkan penawaran promosi atau pesan transaksi penting, alat-alat ini memungkinkan Anda terhubung dengan pelanggan melalui cara yang mudah sekaligus menghemat waktu melalui otomatisasi.

Dengan strategi otomatisasi WhatsApp yang tepat, Anda dapat meningkatkan keterlibatan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan menyederhanakan alur kerja Anda, menjadikan WhatsApp sebagai komponen penting dari perangkat pemasaran Anda.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait