Software CRM untuk Tingkatkan Produktivitas Tim Anda!

software CRM untuk tingkatkan produktivitas

Pernahkah merasa tim Anda kewalahan menangani banyaknya interaksi pelanggan dan mereka yang baru ingin mengenal produk atau jasa Anda?

Atau justru tim sales kesulitan melacak progres lead dan closing deal? Jika ya, mungkin Anda butuh solusi Customer Relationship Management (CRM).

Apa Itu Software CRM?

Pada dasarnya CRM sendiri adalah pendekatan yang membantu bisnis dalam meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang sudah ada dan mendapatkan pelanggan baru dengan lebih cepat.

Kini praktisi sales dan marketing menyebut CRM untuk merujuk pada sebuah perangkat lunak (software) CRM.

Blog terkait:

Sehingga kemudian software CRM adalah sebuah alat yang bertindak menjadi tempat penyimpanan untuk menyatukan aktivitas sales, marketing, dan bantuan pelanggan, serta menyederhanakan proses, kebijakan, dan karyawan dalam satu platform.

Software CRM awalnya dirancang untuk membantu bisnis mengelola hubungan dengan pelanggan.

Tapi tahukah Anda, CRM juga punya manfaat luar biasa dalam meningkatkan produktivitas tim? Yuk simak beberapa caranya!

Manfaat software CRM untuk meningkatkan produktivitas

1. Otomatisasi tugas repetitif

CRM memungkinkan Anda mengotomasi tugas-tugas repetitif yang menghabiskan waktu, seperti mengirim email follow up ke prospek atau membuat laporan aktivitas. Demikian juga dengan banyak tugas administrasi, seperti mengirimkan email personalisasi yang berulang, melakukan follow up, hingga membuat tagihan pembayaran.

Dengan otomatisasi, tim Anda bisa fokus pada hal-hal yang lebih penting, seperti melakukan pendekatan dengan prospek, menjaga hubungan dengan pelanggan secara langsung, hingga mencetak penjualan.

2. Tangkap leads dengan mudah

Mencatat leads secara manual adalah proses yang memakan waktu dan melelahkan. Selain mengurangi produktivitas, cara ini juga meningkatkan risiko kesalahan atau kehilangan peluang.

CRM memungkinkan Anda menangkap informasi dari leads dengan mudah. Idealnya, leads yang datang dari pertanyaan online seperti unduhan atau formulir online di situs web dapat diimpor ke CRM secara otomatis. Dengan begitu, data tersebut langsung masuk ke alur kerja Anda tanpa perlu usaha tambahan.

3. Manajemen data yang terpusat

CRM menjadi pusat informasi terpusat untuk semua aktivitas terkait pelanggan. Semua catatan mengenai interaksi, histori pembelian, dan detail penting lainnya tersimpan rapi dalam satu platform.

Bayangkan jika Anda menggunakan cara manual seperti spreadsheet. Tiap orang memegang spreadsheetnya sendiri-sendiri, memperbarui data sendiri-sendiri, dan akhirnya memiliki "kebenaran" versinya sendiri.

Dengan memaksimalkan software CRM, tim memiliki pusat data yang menjadi pusat kebenaran. Semua data dapat dilihat oleh seluruh tim sehingga memungkinkan tim menemukan informasi terbaru yang akurat.

Tim Anda tak perlu lagi repot-repot mencari informasi di berbagai tempat, sehingga menghemat banyak waktu dan tenaga.

4. Memahami pelanggan dengan lebih baik

Semakin baik Anda memahami pelanggan, semakin mudah untuk membangun percakapan, yang berarti lebih sedikit waktu yang dihabiskan saat Anda melakukan sales call.

CRM Anda dapat memberikan informasi tentang prospek, seperti informasi demografi, kebutuhan, berapa kali dikontak, hingga alasan gagalnya penjualan sebelumnya.

Meluangkan waktu untuk mendalami informasi ini memungkinkan Anda memperkuat persona dan menilai pelanggan lebih baik, sehingga Anda dapat menjadi lebih produktif.

5. Kolaborasi yang efektif

Aplikasi CRM seperti Zoho CRM memudahkan tim Anda berkolaborasi secara real-time. Sales bisa berbagi catatan dengan tim marketing untuk membuat kampanye marketing yang lebih tertarget.

Demikian juga, customer service bisa mengakses histori interaksi untuk memberikan solusi terbaik bagi pelanggan. Dengan kolaborasi yang lancar, produktivitas pun meningkat drastis.

6. Analitik data untuk pengambilan keputusan

CRM yang baik dapat mengumpulkan dan menganalisa data penting yang berhubungan dengan pelanggan.

Anda bisa melihat tren penjualan, mengidentifikasi lead potensial, dan mengukur efektivitas program marketing.

Misalnya, sebuah perusahaan menggunakan CRM untuk melacak penjualan produk A dan B. CRM dapat menunjukkan produk mana yang terjual lebih banyak, bagaimana orang bisa membeli produk tersebut (misalnya dari event, situs web, media sosial, atau lainnya), hingga komplain pelanggan terhadap kedua produk tersebut.

Analitik data ini membantu Anda membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas dan pada akhirnya meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Baca juga:

7. Aksesibilitas yang mudah

Banyak CRM modern menawarkan aplikasi mobile, sehingga tim Anda bisa mengakses informasi dan menyelesaikan tugas di mana saja, kapan saja. Ini membuat tim Anda lebih fleksibel dan produktif, bahkan saat sedang bekerja di luar kantor.

Ini sebenarnya fitur yang sederhana namun sangat penting, terutama bagi tim sales.

Ambil contoh begini. Seorang sales sedang dalam perjalanan menuju pertemuan dengan calon klien. Sebelum bertemu, ia dapat melihat catatan terbaru tentang klien tersebut, misalnya kebutuhan, preferensi, dan informasi terbaru lain yang mungkin ia lewatkan. Hal ini memungkinkannya untuk memberikan presentasi yang lebih relevan dan terarah bagi si calon klien.

8. Mengelola aktivitas dengan mudah

Sales perlu membangun dan memelihara hubungan dengan banyak orang yang potensial dan mencatat banyak informasi tentang mereka.

CRM menawarkan cara dinamis untuk mengorganisir aktivitas agar tidak ada duplikasi data. Menggunakan CRM berarti memungkinkan Anda mengelola waktu dengan efisien, menyusun tindakan apa yang ingin dilakukan dalam satu tampilan, dan memfilter berdasarkan periode waktu tertentu.

Zoho CRM: Solusi CRM Terbaik untuk Bisnis Anda

Zoho CRM adalah salah satu solusi CRM terlengkap yang menawarkan semua fitur di atas. Dengan antarmuka yang intuitif dan skalabilitas yang tinggi, Zoho CRM cocok untuk semua bisnis, mulai dari level UKM hingga perusahaan besar.

Berikut beberapa keuntungan menggunakan Zoho CRM:

1. Harga yang terjangkau

Zoho CRM menawarkan paket dengan harga yang kompetitif, sehingga cocok untuk anggaran bisnis Anda.

2. Fitur yang lengkap

Zoho CRM memiliki semua fitur yang Anda butuhkan untuk meningkatkan produktivitas tim, mulai dari otomatisasi tugas hingga analitik data.

3. Mudah dikustomisasi

Tiap bisnis pasti memiliki kebutuhan yang berbeda. Itulah kenapa Zoho CRM sejak awal dibangun dengan memperhatikan kustomisasi agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda.

4. Integrasi yang luas

Zoho CRM dapat diintegrasikan dengan lebih dari 55 software lainnya buatan Zoho. Lebih dari itu, Zoho CRM pun mampu diintegrasikan dengan berbagai aplikasi bisnis lainnya, sehingga memudahkan Anda untuk mengelola seluruh aktivitas bisnis dalam satu platform.

5. Waktu implementasi 50% lebih cepat

Rata-rata waktu implementasi Zoho CRM 50% lebih cepat dari aplikasi yang sejenis. Selain itu aplikasinya yang mudah digunakan, sehingga pengguna hanya memerlukan sedikit training untuk bisa menggunakan software tersebut secara lebih efektif.

6. Data lebih aman dan privacy terjaga

Zoho sudah tersertifikasi ‌ISO/IEC 27001, SOC 2 Type II TLS 1.2 Encryption, dan SHA 256 yang membuktikan ketangguhan keamanan data kami. Selain itu Zoho juga sudah mematuhi kaidah GDPR untuk memastikan privasi Anda. Privasi dan keamanan data sudah menjadi nilai inti perusahaan kami sejak awal berdiri.

uji coba software crm gratis

Untuk membuktikan kemampuan lengkapnya, Anda dapat mencoba software CRM gratis selama 15 hari. Sebagai catatan tambahan, Anda tidak perlu memasukkan data kartu kredit saat melakukan uji coba. Plus, Anda tidak akan diganggu iklan saat menggunakan versi uji coba.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait