7 Cara Maksimalkan Software CRM untuk Tingkatkan Penjualan

CRM untuk tingkatkan sales

Perangkat lunak Customer Relationship Management (Software CRM) bukan hanya menjadi tempat penyimpanan data pelanggan dan calon pelanggan kita, atau alat untuk memantau progres kerja tim sales semata.

Lebih dari itu, software CRM adalah senjata ampuh yang dapat secara signifikan meningkatkan kinerja penjualan sebuah bisnis.

Dengan mengelola interaksi pelanggan secara efisien, melacak aktivitas penjualan, dan memberikan informasi berharga, CRM membantu tim penjualan bekerja lebih cerdas dan menjual lebih cepat.

Blog terkait:

Manfaat CRM untuk Bisnis

Aplikasi CRM semacam Zoho CRM memberikan segudang manfaat yang dapat mengubah cara bisnis berinteraksi dengan pelanggan dan mengelola proses kerja dalam internal perusahaan.

Salah satu manfaat utama adalah sentralisasi informasi pelanggan, yang memungkinkan komunikasi lebih personal dan efisien.

Pendekatan data yang terpusat ini juga meningkatkan keakuratan dan keandalan informasi pelanggan, mengurangi kemungkinan kesalahan, dan memastikan bahwa semua interaksi didasarkan pada informasi terkini.

Selain itu, CRM juga meningkatkan produktivitas dan efisiensi dengan mengotomatiskan tugas yang berulang dan menyederhanakan alur kerja.

Fitur standar seperti otomatisasi tugas, manajemen proses penjualan, dan kampanye pemasaran bertarget memberikan waktu berharga bagi karyawan untuk fokus pada aspek peran mereka yang lebih strategis dan kreatif.

Peran CRM untuk Meningkatkan Penjualan

1. Sentralisasi informasi pelanggan

Sistem CRM mengkonsolidasikan semua informasi pelanggan dari beragam kanal pemasaran ke dalam satu platform yang mudah diakses. Repositori terpusat ini mencakup detail kontak, riwayat interaksi, dan pola pembelian.

Selain itu, preferensi pelanggan seperti saluran komunikasi pilihan mereka, hingga waktu yang tepat untuk menghubungi mereka juga disimpan dalam CRM dengan baik dan transparan.

Dengan memiliki semua informasi ini, tim penjualan dapat dengan cepat memahami kebutuhan pelanggan dan menyesuaikan cara pendekatan mereka, yang menghasilkan layanan penjualan yang lebih efektif dan personal.

2. Otomatisasi tugas rutin

CRM dapat mengotomatisasi tugas-tugas berulang seperti entri data, membuat pengingat untuk menindaklanjuti sesuatu, dan menjadwalkan pertemuan.

Otomatisasi ini memberikan tim penjualan lebih banyak waktu untuk fokus pada tujuan utama mereka, yaitu menjual.

Misalnya, membuat rangkaian proses leadfollow up melalui beragam channel seperti email, panggilan telepon, dan whatsapp secara otomatis  untuk memastikan tidak ada peluang yang terlewatkan karena kurangnya pengawasan atau kurangnya waktu.

3. Mengoptimalkan proses penjualan

CRM memungkinkan kita memantau dan melacak setiap langkah proses penjualan. Sebagai contoh, ada seseorang yang mengirim pesan dan bertanya tentang produk atau layanan kita. Tim sales kemudian melakukan pendekatan, tanya jawab pun terjadi hingga beberapa waktu.

Tanpa bantuan CRM, tim sales akan kesulitan untuk mengetahui status orang tersebut. Apakah tim sales masih melakukan pendekatan, memerlukan bantuan dari tim lain, sudah berhasil menjual, atau malah gagal.

Dari kontak awal hingga akhirnya terjadi transaksi, CRM memberikan visibilitas dan transparansi ke setiap aktivitas penjualan.

Pelacakan ini membantu mengidentifikasi tindakan mana yang paling efektif dan di fase mana hambatan terjadi, memungkinkan tim penjualan mengoptimalkan proses penjualan dan meningkatkan tingkat konversi.

4. Meningkatkan retensi pelanggan

Retensi pelanggan akan lebih mudah dibangun dalam sistem CRM dengan memberikan informasi mendetail tentang perilaku dan preferensi pelanggan.

Lewat informasi ini, tim penjualan dapat membuat strategi komunikasi yang dipersonalisasi, menawarkan produk atau layanan yang relevan dengan kebutuhan pelanggan, dan membangun hubungan yang lebih dekat.

Pelanggan yang puas lebih mungkin melakukan pembelian kembali dan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

Baca juga:

5. Mendapatkan insights dari data penjualan

CRM yang dilengkapi dengan fitur analitik dan pelaporan yang lengkap akan menawarkan informasi mendalam tentang kinerja penjualan.

Dengan menganalisis data ini, pimpinan dapat mengidentifikasi tren, memprediksi penjualan di masa depan, dan membuat keputusan berdasarkan data terkini.

Misalnya, memahami produk mana yang terjual dengan baik dan produk mana yang kurang diminati dan membuat strategi di masa depan yang lebih tepat.

6. Meningkatkan kolaborasi tim

Sistem CRM memfasilitasi kolaborasi yang lebih baik dalam tim penjualan dan di seluruh departemen lain.

Fitur seperti kalender bersama, manajemen tugas, dan alat komunikasi memastikan semua orang berada di halaman yang sama.

Kolaborasi ini akan menciptakan strategi yang lebih efektif dalam merawat calon pelanggan dan mencetak penjualan, yang pada akhirnya meningkatkan penjualan.

7. Mengoptimalkan manajemen lead

Mengelola lead secara efisien sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Perangkat lunak CRM memungkinkan Anda menangkap, menilai, dan memprioritaskan lead berdasarkan potensi konversi mereka.

Prioritas ini memastikan bahwa tim penjualan Anda fokus pada lead yang paling menjanjikan, ketimbang membuang waktu untuk melayani lead yang jauh dari tanda-tanda membeli sehingga meningkatkan peluang mencetak penjualan.

Sedangkan untuk lead yang belum jadi prioritas, CRM dapat melakukan proses lead nurturing secara otomatis untuk tetap menjaga komunikasi dengan lead tersebut secara kontinu dengan memberikan informasi yang relevan sesuai dengan preferensi dan ketertarikan mereka. Saat lead tersebut siap untuk memasuki proses sales selanjutnya, CRM akan memberikan notifikasi ke sales terkait untuk segera menindaklanjuti prosesnya.

Zoho CRM untuk Penjualan Lebih Baik

Zoho CRM menonjol sebagai solusi komprehensif yang menawarkan semua fitur yang mendukung bisnis meningkatkan penjualan mereka. Berikut beberapa alasan mengapa Zoho CRM adalah pilihan yang tepat untuk bisnis Anda:

  • Antarmuka pengguna yang ramah:Desain intuitif Zoho CRM memastikan bahwa tim penjualan bisa belajar dan familiar dengan dan mulai menggunakan platform ini secara efektif.
  • Kustomisasi: Buat Zoho CRM sesuai kebutuhan spesifik bisnis dengan modul, bidang, dan alur kerja yang dapat dikustom.
  • Integrasi: Integrasikan Zoho CRM dengan alat dan aplikasi yang sudah ada sebelumnya, baik aplikasi buatan Zoho maupun lainnya, untuk meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.
  • Otomatisasi: Otomatiskan proses penjualan yang kompleks, mengurangi pekerjaan manual dan meningkatkan efisiensi.
  • Analitik: Dapatkan informasi yang dapat ditindaklanjuti dengan kemampuan analitik dan pelaporan yang canggih.
  • Akses Mobile: Tetap terhubung dengan pelanggan dimana pun menggunakan aplikasi mobile Zoho CRM.

Rasakan kekuatan transformasional Zoho CRM melalui uji coba gratis selama 15 hari, tanpa iklan dan tanpa harus memasukkan data kartu kredit Anda.

Kunjungi Zoho CRM untuk mulai membangun hubungan pelanggan dengan lebih baik dan meningkatkan penjualan lebih cepat.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait