PT Mitraprima Lestari Bangun CRM Kustom dengan Zoho Creator

PT Mitraprima Lestari Bangun CRM Kustom dengan Zoho Creator

Tentang PT Mitraprima Lestari

Didirikan pada tahun 2009, PT Mitraprima Lestari adalah distributor peralatan medis terkemuka yang membawa inovasi Eropa ke penyedia layanan kesehatan di seluruh Indonesia.

PT Mitraprima Lestari memiliki visi untuk memberdayakan para profesional medis dengan peralatan canggih dan memastikan setiap pasien menerima perawatan yang berkualitas.

Tantangan dalam menemukan software CRM

Dalam upaya mengoptimalkan distribusi peralatan medis, PT Mitraprima Lestari mencari software CRM yang sesuai dengan kebutuhan unik mereka. 

Syarat utama yang mereka butuhkan yaitu aplikasi sederhana yang mudah digunakan dan dapat diakses melalui perangat seluler. Syarat ini diperlukan supaya tim sales mereka dapat mengelola data pelanggan dan leads secara efektif.

Mereka juga perlu melacak interaksi dengan pelanggan, menjadwalkan tindak lanjut, memprioritaskan dan mengelola langkah selanjutnya, dan berbagi informasi dengan lancar, sehingga proses penjualan menjadi lebih sederhana dan meningkatkan produktivitas.

Manajer Operasional dari PT Mitraprima Lestari, Jeremy Januar menjelaskan bahwa bisnis di industri medis sangat berbeda dengan industri lainnya. Mereka juga harus berurusan dengan banyak dokter yang bekerja di rumah sakit berbeda. 

"Jadi kami membutuhkan hubungan many-to-many dan hal ini menjadi sangat rumit untuk dilakukan pada sebagian besar software CRM yang siap pakai," jelas Jeremy.

Awalnya PT Mitraprima Lestari sudah mencoba berbagai CRM seperti Vtiger CRM, Salesforce, dan SuiteCRM. Sayangnya, software CRM siap pakai ini membutuhkan pendekatan berbeda dan tidak memenuhi persyaratan mereka.

Blog terkait:

Zoho Creator sebagai solusi CRM kustom

Dalam pencarian mereka untuk menemukan solusi CRM yang mudah dikustom, PT Mitraprima Lestari akhirnya mulai menjelajahi penawaran dari Zoho. Akhirnya, mereka memilih Zoho Creator untuk membangun solusi yang sempurna bagi bisnis mereka yang unik.

PT Mitraprima Lestari beroperasi di bawah model hubungan many-to-manyyang artinya satu dokter berafiliasi dengan banyak rumah sakit dan sering berinteraksi dengan berbagai tenaga penjualan.

Zoho Creator pun memfasilitasi berbagai informasi dengan memberikan akses ke semua catatan kepada seluruh tim penjualan, hal ini akan sangat dibutuhkan untuk pekerjaan yang bersifat kolaboratif.

Dengan menggunakan Zoho Creator, mereka dapat membangun solusi CRM khusus untuk tim sales mereka.

Aplikasi ini memungkinkan tim sales untuk membuat laporan yang spesifik berdasarkan kategori produk, mendapatkan data yang detail seperti kontak, tujuan kunjungan, tindak lanjut, status leadsdan jadwal.

Laporan yang detail ini akan membuat mereka mudah menyaring dan melacak pekerjaan yang sedang berjalan.

Selain itu, tim juga bisa membangun modul di dalam aplikasi untuk mengelola pengeluaran mingguan. Tim sales dapat memasukkan pengeluaran mereka, membuat laporan akhir minggu, dan menyederhanakan proses pengeluaran biaya.

"Awalnya, untuk beberapa laporan sederhana kami masih menggunakan Excel. Namun, saya menyadari, dengan Zoho Creator kami bisa memiliki laporan terbaru setiap saat selama catatan terus diperbarui" Ungkap Jeremy Januar.

Sejauh ini Zoho Creator telah memberikan manfaat yang luar biasa bagi PT Mitraprima Lestari untuk membangun empat aplikasi tambahan:

  • Modul vendor yang komprehensif untuk pengadaan yang efisien
  • Modul registrasi perangkat medis untuk memastikan kepatuhan selama audit
  • Aplikasi logistik yang memungkinkan petugas pengiriman untuk mengunggah bukti pengiriman secara langsung
  • Aplikasi pelacakan anggaran yang memberikan wawasan pengeluaran secara real-time kepada tim admin

Manfaat Zoho Creator

Zoho Creator dengan interface yang ramah pengguna telah memungkinkan PT Mitraprima Lestari untuk menyederhanakan operasional mereka dan meningkatkan penjualan. 

Dengan memanfaatkan teknologi low-codemereka sekarang dapat dengan mudah melacak inventaris, mengelola logistik, dan memastikan pengiriman yang akurat, meminimalkan kesalahan, dan mencegah perselisihan.

"Meskipun saya tidak memiliki latar belakang IT, tetapi Zoho Creator sangat mudah digunakan, karena logika dan cara mengoperasikannya mudah dipahami." Jelas Jeremy Januar.

Selain itu, Jeremy juga mengungkapkan bahwa tim support-nya sangat membantu, misalnya ketika mereka ada pertanyaan tim support akan menjawabnya dalam waktu kurang dari 24 jam.

Baca juga:

Langkah PT Mitraprima Lestari selanjutnya

Saat ini, perusahaan sudah memenuhi permintaan karyawan untuk menyediakan aplikasi khusus yang mampu menyederhakan tugas sehari-hari. 

Tentunya hal ini akan membantu meningkatkan skala solusi seiring dengan pertumbuhan perusahaan dan akhirnya semuanya akan terkonsolidasi satu sistem ERP.

"Selama solusinya tidak rumit, orang awam pun mungkin bisa menggunakan Zoho Creator seperti saya. Hal ini akan membuka banyak kesempatan untuk melahirkan solusi yang lebih siap pakai di kemudian hari." Ungkap Jeremy.

Selain itu, untuk meringankan beban pelaporan, PT Mitraprima Lestari juga berencana untuk mengintegrasikan Zoho Books dengan Zoho Creator dalam waktu dekat.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait