Mobile Recruitment, Proses Rekrutmen dengan Pendekatan yang Lebih Cerdas

Mobile Recruitment, Proses Rekrutmen dengan Pendekatan yang Lebih Cerdas

Kita telah terbiasa menghabiskan waktu hingga berjam-jam untuk menggunakan ponsel setiap hari. 

Mungkin ini menjadi kesempatan Anda untuk menyelaraskan strategi proses rekrutmen dengan perilaku kandidat yang juga sudah lebih banyak menghabiskan waktu di ponsel.

Proses rekrutmen yang dilakukan lewat perangkat mobilememungkinkan kita bertemu dengan calon karyawan di mana pun mereka berada dan memudahkan pekerjaan sebagai rekruter.

Inilah alasan mengapa proses rekrutmen mobile adalah suatu keharusan!

Ponsel saat ini menjadi tempat kandidat Anda untuk melakukan banyak hal. Ditambah lagi, sebagian besar kandidat menggunakan ponsel mereka untuk menelusuri daftar lowongan kerja di waktu luang mereka.

Tentunya strategi perekrutan melalui selulerini bisa menjadi alternatif bagi para rekruter untuk menemukan kandidat yang lebih banyak dan lebih cepat.

a. Kandidat Anda selalu menggunakan ponsel mereka

Gen Z sudah mulai memasuki usia kerja dan banyak mencari informasi melalui ponsel mereka. Tentunya ini menjadi salah satu alasan bagi para rekruter untuk melancarkan strategi perekrutan mobile

Sebagai generasi pertama yang tumbuh bersama teknologi, Gen Z juga disebut sebagai digital nativeyang mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Hal ini tentunya menjadi inspirasi bagi para generasi sebelumnya untuk terus mengikuti perkembangan teknologi.

b. Lebih cepat dan lebih baik

Rekrutmen mobile sangat nyaman bagi kandidat dan perekrut, karena mereka bisa mencari kandidat yang paling cocok, menanggapi pesan, membangun jaringan, dan bahkan melamar pekerjaan di mana saja. 

Proses rekrutmen juga bisa menjadi lebih cepat karena mengunggah pekerjaan, mengirimkan lamaran, dan mengirim tanggapan menjadi lebih mudah.

c. Profil media sosial adalah resume modern

Alur proses rekrutmen karyawan lewat perangkat seluler yang dijalan bisa berjalan berdampingan dengan media sosial. Seperti LinkedIn yang telah menjadi tempat hang outbagi para profesional untuk membagikan pengalaman dan tips seputar dunia kerja.

Rekrutmen menggunakan media sosial akan menjangkau lebih besar kandidat aktif dan pasif berkualitas tinggi, sehingga tidak ada alasan untuk tidak merekrut melalui media sosial.

d. Cara yang mudah untuk menjangkau kandidat pasif

Banyak kandidat yang mungkin tidak mencari pekerjaan secara aktif atau mereka mungkin hanya sedang iseng mencari-cari peluang baru. Selain itu, mungkin beberapa talenta terbaik sudah bekerja atau memiliki kesibukan lainnya. 

Cara terbaik untuk menarik perhatian para kandidat ini adalah saat mereka menggunakan media sosial di ponsel mereka. Anda bisa membuat lowongan pekerjaan yang semenarik mungkin untuk menarik perhatian para kandidat pasif.

Baca juga:

Membuat Email Profesional untuk Kebutuhan Bisnis dengan Mudah

Software CRM untuk Tingkatkan Produktivitas Tim Anda!

Cara membuat proses rekrutmen yang ramah seluler 

Anda bisa membuat strategi perekrutan dan seleksi mobiledengan membutuhkan sedikit usaha ketika sudah memiliki proses perekrutan yang mapan.

a. Buatlah situs karier yang responsif

Ketika Anda membuat situs karir dengan desain yang responsif, situs web Anda akan secara otomatis beradaptasi mobilekandidat, berapa pun ukuran ponsel atau tablet mereka. 

Pastikan konten dan desain Anda cukup sederhana agar mereka dapat dengan cepat membuka halaman di perangkat apa pun.

b. Jaga agar komunikasi tetap mobile-friendly

Pilar dasar dari strategi rekrutmen yang efektif adalah komunikasi yang ramah seluler. Mulailah mengirim SMS dan WhatsApp kepada kandidat Anda untuk berkomunikasi.

Dengan begitu, kandidat akan merasa lebih dekat dengan Anda dan tentunya mudah bagi kandidat untuk berkomunikasi dengan rekruter.

c. Buat jobdesc tetap singkat

Dengan menjalankan strategi perekrutan mobile, tentunya Anda harus memperhatikan agar jobdescyang tertulis tetap singkat. Sangat tidak disarankan untuk menulis jobdeschingga 500 kata.

Apabila Anda menulis deskripsi yang lebih singkat, tentunya kandidat akan lebih tertarik dan proses lamaran yang menjadi lebih ringkas karena mudah di akses melalui ponsel.

d. Membangun konsistensi dalam brandperusahaan Anda

Untuk benar-benar menonjolkan kepribadian brand, Anda perlu membangun konsistensi di semua platform dan perangkat. 

Pastikan bahwa jaminan brandAnda, termasuk font, warna, desain, dan intonasi suara-konsisten di seluruh situs web, teks, dan saluran media sosial Anda.

e. Mewawancarai kandidat secara virtual

Setelah masa pandemi berakhir, muncul opsi baru bagi para rekruter untuk melakukan wawancara secara virtual. Dengan mewawancarai kandidat secara virtual dapat membantu membuka peluang baru, menghemat waktu, uang, dan tenaga Anda. 

Anda bisa menggunakan pendekatan ini untuk merekrut kandidat di luar lokasi kerja dan menghemat biaya yang biasanya dikeluarkan untuk perjalanan dan akomodasi.

Lakukan lebih banyak hal dengan mobile 

Jika Anda belum yakin, berikut adalah beberapa cara lain yang dapat meningkatkan proses rekrutmen Anda.

a. Membangun kumpulan talenta yang kuat

Rekrutmen mobilemembantu Anda membangun hubungan pribadi dengan kandidat potensial dan benar-benar menyampaikan misi serta tujuan perusahaan Anda. 

Anda dapat secara langsung menjangkau kandidat dengan peluang yang menarik dan membangun kumpulan talenta yang kuat untuk saat ini dan masa depan.

b. Beriklan lebih baik

Dengan media sosial, Anda dapat menjalankan iklan dengan tujuan untuk memastikan bahwa lowongan pekerjaan tersebut menjangkau talenta yang ideal. 

Selain itu, Anda mendapatkan keleluasaan untuk membuat iklan lowongan kerja yang lebih kreatif seperti spanduk dan video digital.

Anda juga dapat menjelajahi cara-cara pendekatan baru seperti menjalankan kampanye SMS atau WhatsApp yang lengkap.

c. Dapatkan lebih banyak informasi tentang proses rekrutmen 

Selain KPI rekrutmen konvensional, Anda juga dapat mengukur efektivitas postingan dan iklan Anda di media sosial. 

Hal ini dapat memberikan Anda wawasan yang luar biasa tentang bagaimana cara untuk terus meningkatkan strategi pemasaran rekrutmen Anda.

Etika rekrutmen mobile 

Ketika proses rekrutmen mobile Anda sudah berjalan, berikut ini beberapa etika dasar yang harus diikuti:

  • Berinvestasi dalam ATS yang kompatibel dengan ponsel. Jika kandidat Anda menggunakan ponsel, Anda juga harus melakukannya.
  • Pastikan kandidat Anda dapat melihat lowongan pekerjaan dan mengirimkan lamaran mereka melalui perangkat mobile mereka.
  • Pastikan bahwa seluruh alur kerja lamaran dapat diselesaikan di satu perangkat. Membuat pengguna berpindah-pindah perangkat untuk menyelesaikan proses rekrutmen adalah resep untuk mengembalikan lamaran.

Aplikasi seluler Zoho Recruit 

Kami tahu betapa pentingnya bagi perekrut untuk selalu tersedia bagi kandidat. Dengan aplikasi mobile Zoho Recruit, Anda bisa keluar dari kantor tanpa harus meninggalkan pekerjaan. 

Aplikasi ini, yang tersedia untuk Android dan iOS, memungkinkan Anda untuk meninjau profil kandidat, menjadwalkan wawancara, dan bahkan mewawancarai kandidat secara virtual.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait