Begini Cara Gunakan Formulir Online untuk Terima Pesanan

Maksimalkan Penjualan dengan Formulir Online

Formulir online ternyata lebih dari sekedar tools untuk pengumpulan data. Online forms juga bisa menjadi senjata ampuh dalam bisnis kita, yang mampu meningkatkan penjualan dan pendapatan.

Baik untuk kebutuhan menangkap leads, menyederhanakan pesanan, atau mendapatkan tanggapan pelanggan, fungsi formulir online dapat menjadi jembatan antara pengunjung situs web dan pelanggan.

Menggunakan formulir online dalam proses bisnis dapat menghasilkan penghematan biaya yang signifikan dibandingkan dengan metode tradisional berbasis kertas atau proses entri data manual.

Dengan mengotomatiskan tugas yang berulang dan menyederhanakan alur kerja, bisnis dapat mengalokasikan sumber daya secara lebih efisien dan fokus pada aktivitas yang menghasilkan pendapatan.

Formulir online untuk terima pesanan

Blog terkait:

Beberapa cara memaksimalkan formulir online dalam bisnis

1. Formulir pemesanan di situs web

Rancang formulir pemesanan yang intuitif dan mudah digunakan yang memudahkan pelanggan membeli produk atau layanan kita.

Hilangkan langkah dan bidang isian yang tidak penting untuk mengurangi kebingungan dan memaksimalkan konversi.

Ingat, formulir pemesanan online adalah jembatan dari orang yang sedang mencari ke aksi membeli. Jadikan itu jembatan yang kokoh dan mudah digunakan.

2. Biarkan produk terlaris Anda yang berbicara!

Merasa kewalahan dengan pilihan adalah penyebab utama orang batal membeli produk kita. Ibarat sebuah toko, barang-barang terlaris dipajang di depan, menampilkan "popularitas" dan "kepercayaan".

Saat pengunjung melihatnya, mereka secara alami akan tertarik untuk menjelajahi isi toko lebih dalam, melihat produk-produk lainnya, dan sangat mungkin membelinya juga.

Menyoroti produk terlaris yang kita miliki akan menawarkan titik awal yang dikurasi, membimbing pengunjung menjadi pembeli dan memicu perjalanan belanja mereka.

Jangan hanya menyebut, kita juga harus menunjukkan! Maka, gunakan visual berkualitas tinggi untuk menarik perhatian pembeli.

3. Tawarkan beberapa opsi pembayaran

Berapa banyak penjualan yang hilang karena pelanggan tidak dapat membayar dengan metode pilihan mereka?

Kunci sebenarnya adalah jangan mempersulit pelanggan. Sediakan beragam metode pembayaran dalam formulir online kita untuk memenuhi preferensi pelanggan yang berbeda.

Semakin banyak opsi yang kita berikan, semakin lancar pengalaman checkout. Jangan lupa untuk mengarahkan pembeli ke halaman "terima kasih" setelah mereka melakukan pembayaran.

4. Upsell dan cross-sell

Jangan meremehkan halaman checkout. Anjurkan pelanggan dengan item tambahan yang relevan untuk meningkatkan pembelian utama mereka.

Gunakan logika kondisional dalam formulir online Anda untuk merekomendasikan produk pelengkap berdasarkan pilihan awalnya.

Jika seseorang membeli ponsel baru, sarankan casing dan pelindung layar! Buat paket bundel dengan harga diskon. Fokus pada saran produk yang benar-benar melengkapi pilihan awal mereka dan memberi nilai tambah pada pembelian mereka.

Hal ini memberi insentif kepada pelanggan untuk membeli banyak item, sehingga meningkatkan nilai pesanan mereka.

5. Ketahui di mana basis pengguna Anda berada

Ketahui dari mana asal pengiriman formulir Anda dengan fitur geolokasi. Salah satu kelebihan formulir online Zoho Forms memungkinkan kita berintegrasi dengan platform analitik canggih seperti Google Analytics dan Google Tag Manager.

Berdasarkan data itu, sesuaikan konten atau penawaran formulir Anda berdasarkan lokasi pengguna. Misalnya, tawarkan versi terjemahan formulir Anda dalam berbagai bahasa. Pertimbangkan apakah model penetapan harga berbasis lokasi cocok untuk bisnis Anda.

Baca juga:

6. Buat kode QR yang dapat dipindai untuk pesanan

Kode QR telah menjadi cara populer bagi restoran untuk menawarkan menu dan pemesanan tanpa kontak.

Zoho Forms menawarkan kode QR yang dapat dipindai untuk menjadi jalan keluar saat pengunjung kesulitan mencari sebuah produk, sehingga mereka dapat melakukan pemesanan dalam hitungan detik.

Semuanya dapat dilakukan dari ponsel! Unduh dan letakkan kode QR di lokasi strategis di mana pelanggan Anda dapat dengan mudah memindainya, seperti pada kemasan produk, materi promosi, etalase toko, atau platform digital.

7. Memantau dan menganalisis kinerja

Lebih jauh lagi, manfaat formulir online Zoho Forms lebih dari sekadar menerima pesanan. Zoho Forms membekali penggunanya dengan alat analisis canggih untuk memahami keefektifan dari formulir yang mereka buat.

Zoho Forms menyediakan analisis canggih dan mudah digunakan yang secara visual mewakili data kinerja formulir. Analisis bidang formulir tertentu, demografi pengguna, dan faktor lainnya untuk menentukan area yang perlu dioptimalkan.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait