Lightbox form: Fitur Formulir Online untuk Tingkatkan Konversi Penjualan

Lightbox form: Fitur Formulir Online untuk Tingkatkan Konversi Penjualan

Anda pasti sudah mengenal formulir online dan mungkin Anda sudah menggunakannya untuk beragam tujuan, entah absensi, pengumpulan kritik dan saran, atau untuk menerima pesanan jualan. 

Bicara soal yang terakhir, banyak yang belum tahu soal Lightbox form, salah satu fitur formulir online di Zoho Forms yang membantu penggunanya dalam meningkatkan konversi penjualan. 

Lightbox form adalah elemen interaktif yang menghamparkan konten halaman web, biasanya dalam bentuk pop-up. Elemen ini menarik perhatian pengguna untuk berinteraksi dengan mereka, mendorong pengunjung situs untuk melakukan tindakan tertentu seperti memberikan informasi kontak atau menjawab pertanyaan lainnya. 

Fitur-fitur utama lightbox form

Lightbox form menciptakan efek yang meredupkan latar belakang konten utama, menarik perhatian pegunjung ke pop-up formulir, dan membuatnya menonjol secaara visual. Fitur ini mencegah pengunjung berinteraksi dengan konten lainnya hingga menyelesaikan form.

Lightbox form dapat dipicu oleh berbagai tindakan, seperti penundaan waktu, perilaku menggulir sebuah halaman, mendeteksi pengguna akan meninggalkan halaman, atau mengklik elemen/tombol tertentu.

Fitur ini dapat disesuaikan dengan merek dan desain situs web, memungkinkan fleksibilitas dalam tata letak, warna, fontdan gambar.

Formulir ini menampilkan ajakan bertindak yang jelas, dapat berupa berlangganan buletin, meminta demo, atau melakukan pembelian.

Tujuan dari lightbox form adalah melibatkan pengunjung, mendapatkan leadsmeningkatkan konversi, dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih interaktif dan personal.

Baca juga:

Cara Buat Formulir Online untuk Feedback Pelanggan yang Baik

Zoho Survey: Solusi Mudah untuk Survei Online yang Efisien

Keuntungan menempatkan lightbox form di halaman web

Lightbox form dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan menawarkan cara yang nyaman bagi pengunjung situs web untuk mengambil tindakan tanpa meninggalkan halaman tempat mereka berada. 

Dengan menawarkan pengalaman yang disederhanakan, pengunjung akan lebih mungkin untuk terlibat dengan konten dan mengambil tindakan yang diinginkan.

Lightbox form dapat ditempatkan secara strategis untuk mendorong pengunjung melakukan tindakan tertentu, sepert mendaftar ke buletin atau membeli produk. 

Dengan menampilkan formulir pada waktu yang tepat dan di lokasi yang tepat, pemilik situs web dapat meningkatkan kemungkinan konversi dan penjualan.

Lightbox form juga dapat mengurangi bounce rate dengan menawarkan pengunjung untuk berada di situs lebih lama.

Penting untuk menggunakan lightbox form dengan bijaksana, hindari membanjiri pengunjung dengan terlalu banyak formulir, atau implementasi yang dapat mengganggu pengalaman pengguna dalam menjelajah situs web kita.

Hal-hal yang perlu diingat sebelum menggunakan lightbox form di web

  • Pastikan konten lightbox form Anda relevan dengan halaman web tempat formulir tersebut muncul. Selaraskan formulir dengan konteks dan tujuan halaman untuk meningkatkan dampaknya dan menghindari kebingungan bagi pengunjung.
  • Tentukan waktu yang tepat untuk menampilkan lightbox form. Pertimbangkan faktor-faktor seperti keterlibatan pengguna, perilaku menggulir, atau waktu yang dihabiskan di halaman. Menampilkan formulir terlalu cepat atau terlambat dapat memengaruhi efektivitasnya. Kita bisa menemukan data yang akurat dari analitik situs web kita. Lihat halaman mana yang paling banyak dikunjungi dan berapa lama pengunjung bertahan.
  • Menampilkan formulir terlalu sering dapat mengganggu dan membuat pengguna merasa tidak nyaman. Ciptakan keseimbangan antara menarik perhatian dan menghargai pengalaman menjelajah pengguna.
  • Buatlah salinan yang jelas dan ringkas untuk lightbox form Anda. Gunakan bahasa yang persuasif untuk mengkomunikasikan proposisi atau manfaat dari mengisi formulir yang Anda sediakan Jaga agar bidang formulir dan intruksi tetap sederhana agar mudah dipahami dan dilengkapi oleh pengguna.

Membuat formulir online di Zoho Forms merupakan usaha yang sangat mudah. Anda dapat menggunakan  formulir pop-uplightbox yang dapat meluncur masuk/keluar dengan mulus di halaman web. Anda memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan kriteria peluncuran lightbox, seperti pemuatan halaman, maksud keluar, durasi waktu atau presentase gulir.

Misalnya Anda dapat mengatur animasi fade-in dan meluncurkan formulir ketika pengunjung telah menggulir 50% halaman. Selain itu, Anda dapat melakukan pra-muat formulir pop-up, memastikan formulir tersebut terintegrasi dengan mulus.

Pelajari lebih lanjut tentang menyematkan formulir pop-up lightbox di situs web Anda. Beri tahu kami di kolom komentar bagaimana pop-up lightbox membantu Anda meningkatkan konversi dan pendaftaran.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait