Cara Buat Formulir Online untuk Feedback Pelanggan yang Baik

Cara Buat Formulir Online untuk Feedback Pelanggan yang Baik

Menerima feedback dari pelanggan menjadi langkah awal untuk mengembangkan bisnis. Feedback akan membantu untuk mengetahui bagaimana pendapat klien atau pelanggan mengenai produk yang kita jual.

Bagaimana respons dapat mengembangkan bisnis Anda? Begini caranya, feedback yang diterima dari pelanggan akan membuat perusahaan mengevaluasi dan meningkatkan kualitas di area yang mungkin terlewatkan.

Ketika kita memikirkan tanggapan pelanggan, hal pertama yang mungkin kita pikirkan adalah mengukur opini dari orang lain. Zoho Form sebagai penyedia formulir online menawarkan sejumlah kolom isianyang dapat membantu Anda mendapatkan feedback dalam berbabagi format.

Mari kita lihat bidang isian di formulir online Zoho yang dapat membantu bisnis mendapatkan wawasan yang lebih luas dari pelanggannya:

Blog terkait:

Rating

Kolomrating tersedia di bagian Basic Fields pembuat formulir online. Penggunaan kolomrating menjadi salah satu cara yang sederhana dan mudah untuk mendapatkan feedback pelanggan.

Kolom rating juga bisa memperlihatkan pendapat pelanggan dengan cara standar dan dapat dibandingkan dengan mudah.

Responden juga bisa memilih jumlah ikon untuk menunjukkan tingkat kepuasan atau persetujuan mereka. Ikon rating juga tersedia dengan banyak pilihan, seperti:

  • Star
  • Lightning
  • Shield
  • Heart
  • Flag
  • Bulb

Anda juga bisa memilih jumlah ikon pada formulir mulai 1 sampai 10. Misalnya, jika Anda memilih 5 ikon, berarti pelanggan dapat memberikan penilaian layanan Anda  di skala 1 sampai 5. 

Selain itu, gaya dan ukuran kolomRating dapat disesuaikan sesuai keinginan dengan menggunakan fitur Form Customization, pilih Themes > Create from Scratch > Form Tab > Fields > Rating.

Anda juga bisa langsung mengarahkan responden ke halaman "Terima Kasih" yang berbeda berdasarkan peringkat dengan aturan bersyarat.

Slider

KolomSlider juga tersedia di bagian Basic Fields pembuatan formulir online yang memungkinkan responden untuk memilih nilai Angka pada skala Slider dengan mengklik dan menyeret penunjuk.

Jangan lupa untuk menetapkan nilai minimum dan maksimum yang bisa dipilih oleh responden ketika menggeser Slider. Pada bagian bawah Slider juga akan ditampilkan nilai minimum dan maksimum serta Range dan unit pengukuran.

Selain itu, Anda juga bisa menampilkan Step Value yang menentukan ukuran langkah untuk setiap kenaikan posisi penunjuk pada penggeser.

Baca juga:

Radio

Kolomini secara khusus berguna ketika Anda hanya membutuhkan satu jawaban dari responden daftar pilihan.

Anda juga bisa menyertakan pilihan "Other" apabila responden tidak melihat pilihan mereka dalam daftar yang dibuat. Selain itu, Anda juga memiliki pilihan untuk menampilkan opsi dalam kolom.

Matrix Choice

Ketika Anda ingin mengajukan serangkaian pertanyaan dengan kemungkinan jawaban yang sama, seperti formulir feedbackAnda bisa menggunakan kolom Matrix Choice.

Anda bisa memilih jenis pilihan untuk untuk kolomradio, checkbox, dropdownatau kotak teks. 

Anda dapat mengimpor jawaban yang telah dibuat sebelumnya atau menambahkan jawaban secara massal dalam baris terpisah atau sebagai nilai yang dipisahkan dengan koma menggunakan tautan impor jawaban yang telah dibuat.

Hal ini berguna ketika Anda memiliki pertanyaan yang jawabannya harus diuraikan. Anda juga dapat menandai pertanyaan dan jawaban tertentu sebagai pertanyaan wajib.

Formulir feedbackyang bisa membuat pelanggan menilai layanan Anda, dapat membantu untuk mendapatkan data tentang customer experience supaya layanan perusahaan menjadi lebih baik kedepannya. 

Anda juga bisa membuat formulir feedback menjadi anonim dengan menghapus kolom yang bersifat pribadi seperti nama atau email. Hal ini membuat pelanggan bisa lebih jujur dan bebas mengekspresikan diri.

Jangan lupa untuk memberi tahu pelanggan bahwa tanggapan yang diberikanbersifat anonim menggunakan deskripsi di bawah properti formulir.

Blog terpopuler:

Hal-hal yang perlu diingat saat membuat formulir online untuk mendapatfeedback 

Ketahui kapan waktu yang tepat untuk membagikan formulir feedback kepada pelanggan Anda. 

Bagikan formulir online ketika pelanggan sudah mencoba menggunakan layanan atau produk Anda selama beberapa waktu agar pelanggan punya pengalaman yang cukup dalam menggunakannya. Juga jangan terlalu lama meminta tanggapan mereka agar pelanggan masih mengingat dengan jelas layanan atau produk yang digunakannya.

Jika Anda menunggu terlalu lama, pelanggan mungkin tidak akan mengingat pengalaman tersebut dan mungkin kurang termotivasi untuk memberikan feedback

Dalam formulir feedback, sertakan juga pertanyaan yang menanyakan pengalaman pengguna baik atau buruk untuk membuat form feedback menjadi lebih efektif.

Pelajari lebih lanjut tentang jenis-jenis kolomyang tersedia di Zoho Form

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait