5 Tips untuk Beralih ke Bisnis Online dari Bisnis Konvensional

5 Tips untuk Beralih ke Bisnis Online dari Bisnis Konvensional

Obrolan tentang bisnis online sudah banyak dibahas. Kebanyakan orang bilang kalau bisnis online tak perlu modal banyak karena bisa dibangun tanpa toko, tanpa karyawan, bahkan tanpa punya stok barang.

Padahal nyatanya, bisnis luring justru mungkin bisa membuat Anda kewalahan dengan semua proses yang ada.

Jika Anda memiliki bisnis kecil atau berskala lokal yang ingin mempromosikan layanan atau produk secara online, maka inilah saat yang tepat untuk memulainya. 

Peluang bisnis online semakin terbuka lebar setelah adanya pandemi yang memicu perkembangan teknologi semakin pesat.

Berikut ini beberapa tips membuat bisnis online untuk membantu Anda yang ingin memulainya, terutama jika Anda telah memiliki bisnis konvensional berskala kecil:

1. Pilih tujuan dan mulailah buat rencana

Langkah pertama dalam memulai bisnis online adalah menetapkan tujuan Anda. Tujuan yang Anda buat haruslah menguraikan apa yang ingin Anda capai dan memilih tujuan sangat penting pada tahap awal memulai bisnis.

Setelah memilih tujuan, jangan lupa untuk menganalisis apakah tujuan membuat bisnis online tersebut dapat dicapai dan menghindari ekspektasi yang tidak jelas. Anda bisa membuat tujuan jangka panjang dan jangka pendek sekaligus karena keduanya sama penting.

Tujuan jangka pendek dapat diawali dengan memilih nama merek, mencari mentor bisnis, mendapatkan izin usaha, dan sebagainya yang mengarah pada pembentukan bisnis. 

Pastikan juga untuk melakukan riset dan mengumpulkan informasi tentang apa yang dibutuhkan sebelum Anda menetapkan target spesifik.

2. Bisa ditemukan secara online

Memulai bisnis secara online berarti Anda harus membuat bisnis tersebut mudah ditemukan oleh pelanggan secara online. 

Kemudahan ini akan membuat pelanggan semakin mudah untuk menilai apakah Anda menyediakan jasa/produk yang mereka butuhkan.

Contohnya, Ben adalah pemilik bisnis lokal penyewaan peralatan musik dan sudah memiliki sebuah situs web. Halaman web bisnisnya bisa menampilkan opsi penyewaan, ulasan pelanggan, kontak, dan formulir penyewaan di beranda. 

Situs web untuk bisnis online akan memungkinkan siapa saja untuk langsung memesan dan dapat meningkatkan basis data calon pelanggan. Saat Anda membuat bisnis online, ingatlah kiat-kiat ini:

  • Buat konten yang ditujukan untuk menjawab pertanyaan yang akan ditanyakan oleh calon pelanggan.
  • Pelajari tentang SEO dan masukkan kata kunci ke dalam situs Anda untuk membantu mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari.
  • Buat akun media sosial untuk memberi informasi terbaru kepada pelanggan dan calon pelanggan dengan informasi terbaru tentang produk/layanan, penawaran, dan promosi lainnya.

3. Bangun identitas brand yang kuat

Nama brand adalah apa yang mendefinisikan dan membedakan Anda dari para pesaing di pasar. Membangun merek yang kuat dan sukses dari nol bukanlah tugas yang mudah. 

Membangun identitas brand berarti harus bisa menjawab berbagai pertanyaan seperti “Apa saja fitur dan manfaat yang menonjol dari brand saya?”, “Seperti apa saya ingin brand saya terlihat?”, dan “Perasaan apa yang akan timbul di benak calon pelanggan saat mereka menemukan brand saya?”.

Dalam tips membuat bisnis online, Anda juga harus membangun branding visual Anda lewat logo, tagline, fontwarna, dll dengan konsisten, kapan pun dan di mana pun pelanggan berinteraksi dengan Anda. 

Mulai dari situs web hingga email layanan pelanggan, tampilan dan nuansanya harus tetap konsisten.

Misalnya, jika Anda menggunakan formulir online untuk mengumpulkan pesanan atau pendaftaran buletin, Anda harus menyesuaikannya agar sesuai dengan brand Anda. Cari tahu lebih lanjut tentang tema formulir di sini.

Baca juga:

Intip Perbedaan Email Perusahaan Zoho Mail dengan Zimbra

Apa Itu Customer Retention dan Bagaimana Software CRM Membantunya

4. Pastikan pengalaman berbelanja yang mudah

Anda telah membuat situs web dengan branding yang memukau dan pelanggan pun berkunjung. Apa yang harus dilakukan selanjutnya?

Layanan pelanggan adalah inti dari semua bisnis. Dengan menyediakan layanan berkualitas tinggi akan mengubah pengunjung menjadi pelanggan tetap. Penting bagi bisnis Anda untuk tampil mencolok, supaya para pelanggan memilih brand Anda.

Anda juga bisa menyediakan toko di e-commerce yang komprehensif sehingga menciptakan pengalaman berbelanja yang lancar. 

5. Selalu terlibat dan bangun koneksi daring

Membangun koneksi sangatlah penting, terutama jika Anda baru membuat bisnis online dan ingin mempromosikan brand. Dengan berinteraksi secara online dengan pelanggan dan koneksi lainnya, Anda dapat membuka banyak peluang.

Promosikan penawaran Anda pada saat yang tepat dan ingatlah bahwa Anda memiliki kesempatan untuk mempelajari ekspektasi dan kebutuhan pelangan saat berinteraksi dengan mereka.

Saat menggunakan media sosial sebagai alat untuk memperluas koneksi dengan kontak bisnis, klien, dan mitra potensial, pastikan Anda mengunggah konten yang menarik-, bukan hanya konten yang berfokus pada bisnis dan kebutuhan Anda.

Bersikaplah profesional dengan siapa saja yang akan terhubung dengan Anda. Satu hal yang menarik dari berinteraksi secara online adalah Anda bisa melacak interaksi dengan metrik dan analisis, sehingga Anda bisa mendapatkan feedback.

Kesimpulan

Saat Anda memulai bisnis, pastikan untuk bertukar pikiran, memvalidasi ide, dan mencari inspirasi. Saat Anda mulai merambah ke penjualan online, carilah berbagai cara untuk mempromosikan dan menjual. Selamat memulai awal yang baru!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait